Thursday, August 6, 2015

Macam-Macam Tanaman Perkebunan Semusim

Gambar perkebunan kapas [Image by indo.hadhramaut.info]
Tanaman perkebunan atau tanaman industri merupakan tanaman yang beberapa bagiannya dimanfaatkan untuk keperluan industri, misalnya bunga, buah, batang, akar, dan daun. Sebagian besar tanaman perkebunan merupakan tanaman tahunan yang mempunyai umur panjang dan dapat dipanen berkali setiap tahunnya.

Akan tetapi ada juga beberapa tanaman perkebunan yang merupakan tanaman semusim, yaitu tanaman yang mempunyai masa hidup selama semusim atau kurang lebih 90 hari, setelah itu tanaman tersebut akan mati dan digantikan dengan tanaman baru.

Tanaman perkebunan atau tanaman industri tersebut setelah dipanen akan dimanfaatkan untuk berbagai macam industri, misalnya industri obat-obatan, industri kosmetik, industri parfum/minyak wangi, dan masih banyak industri lainnya.

Beberapa tanaman perkebunan semusim yang banyak dibudidayakan diperkebunan-perkebunan Indonesia dalam jumlah yang sangat banyak, yaitu tebu, sereh wangi, rami, nilam, kapas, kenaf, jarak kepyar, akar wangi.

Itulah beberapa tanaman perkebunan semusim yang banyak dibudidayakan di Indonesua, semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita mengenai macam-macam tanaman perkebunan semusim. Jika anda mengetahui tanaman perkebunan lainnya, silahkan di share kepada kami dengan menuliskannya pada kotak komentar disebelah bawah.

No comments:

Post a Comment