Saturday, May 2, 2015

Pengertian Tanaman Tahunan

Cengkeh, salah satu contoh tanaman tahunan
Pengertian tanaman tahunan adalah tanaman yang hidupnya sepanjang tahun dan akan di panen sepanjang tahun pula sampai tanaman tersebut tidak berproduksi lagi tapi harus menunggu beberapa tahun dari menanam hingga tanaman itu dapat berproduksi dan dapat dipanen, contoh tanaman tahunan ialah tanaman yang berbatang keras (cokelat, cengkeh, pala, kelapa), tanaman buah-buahan dan lain-lain.

Tanaman tahunan banyak ditanam dan dibudidayakan pada lahan perkebunan yang luas, sebab tanaman ini memerlukan wilayah atau kawasan yang luas untuk menanamnya, semakin luas lahan perkebunan tanaman tahunan ini maka semakin banyak pula keuntungan yang dapat kita peroleh. Makanya banyak orang-orang yang menanam tanaman tahunan seperi cengkeh serta kakao di gunung-gunung.

Seperti yang telah disebut diatas bahwa untuk menikmati hasil dari tanaman tahunan ini, kita harus bersabar menunggu hingga bertahun-tahun sampai tanaman tersebut dapat menghasilkan, misalnya tanaman buah durian, kita harus menunggu hingga 5 tahun atau lebih sampai tanaman tersebut berbuah, itupun perlu dilakukan perawatan yang sangat baik.

Apa keuntungannya menanam tanaman tahunan? salah satu keuntungannya yaitu tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun dan setiap tahun pula dapat menghasilkan hasil dan rata-rata nilai jual dari hasil tanaman tahunan lebih mahal dibandingkan dengan tanaman semusim.

No comments:

Post a Comment