Saturday, May 2, 2015

Contoh Tanaman atau Tumbuhan Industri

Pala, salah satu contoh tanaman industri
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tanaman atau tumbuhan industri di dunia, rata-rata hasil dari tanaman atau tumbuhan industi tersebut di kirim keluar negeri untuk memenuhi pasar luar yang membutuhkan tanaman atau tumbuhan tersebut. Apa sebenarnya tanaman atau tumbuhan industri tersebut? dan apa saja contoh-contoh dari tanaman atau tumbuhan industri tersebut? mari kita bahas bersama-sama.

Menurut sumber serta pemahaman saya sendiri, pengertian tanaman atau tumbuhan industri adalah tanaman yang seluruh bagian-bagiannya dapat dimanfaatkan untuk keperluan industri, bagian-bagian tanaman yang dimaksud yaitu buah, daun, batang/kayu, getah serta akarnya. Rata-rata tumbuhan atau tanaman industri ini merupakan tanaman tahunan yang dapat menghasilkan komuditi setiap tahun.

Contoh tanaman atau tumbuhan industri yang dimanfaatkan buahnya yaitu cengkeh, cokelat, berbagai buah-buahan, pala dan lain sebagainya. Contoh tanaman atau tumbuhan industri yang dimanfaatkan daunnya salah satunya yaitu Gelam atau Kayu putih yang daunnya digunakan untuk menghasilkan minyak kayu putih.

Contoh tanaman atau tumbuhan industri yang dimanfaatkan batang atau kayunya yaitu semua jenis pohon yang mempunyai kayu yang keras, rata-rata digunakan untuk membuat perabotan rumah yang terbuat dari kayu dan ada pula yang digunakan untuk membuat kertas.

Contoh tanaman atau tumbuhan industri yang dimanfaatkan getahnya yaitu pohon karet yang getahnya diambil untuk dijadikan berbagai produk yang berhubungan dengan karet, misalnya Ban kendaraan. Contoh tanaman atau tumbuhan industri yang dimanfaatkan akarnya yaitu tumbuhan akar wangi, tanaman ini dimanfaatkan akarnya untuk industri obat-obatan, karena minyak yang dihasilka oleh akarnya sangat berkhasiat.

No comments:

Post a Comment