Monday, August 11, 2014

Macam-Macam Contoh Tanaman Tahunan

Assalamualaikum wr. wb. Dalam dunia pertanian, dikenal dua macam tanaman yaitu tanaman semusim dan tanaman tahunan, penegrtian tanaman tahunan adalah tanaman yang hidupnya sepanjang tahun dan akan di panen sepanjang tahun pula sampai tanaman tersebut tidak berproduksi lagi tapi harus menunggu beberapa tahun dari menanam hingga tanaman itu dapat berproduksi dan dapat dipanen.
Baca juga postingan lainnya yang berkaitan dengan "usaha tani" berikut ini :
Tanaman tahunan kebanyakan dan hampir semuanya merupakan tanaman perkebunan, dengan ciri-ciri berkayu keras dan dapat dipanen sepanjang tahun sesuai dengan musim berbuahnya. Tanaman ini juga membutuhkan waktu yang sangat lama hingga dapat menghasilkan buah yang dapat dipanen.

Tanaman tahunan bermacam-macam jenisnya, ada buah-buahan, rempah-rempah, dan tanaman industri. Berikut ini beberapa contoh tanaman tahunan yang ada disekeliling kita.

Kopi
Tanaman kopi merupakan salah satu contoh tanaman tahunan, kopi adalah komoditi eksport yang cukup menggembirakan karena mempunyai nilai ekonomis yang relative tinggi dipasar dunia, disamping itu tanaman kopi ini adalah salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan di jawa barat. Kopi arabika mulai berbuah pada umur 4 tahun. Baca selengkapnya--->>

Pala
Tanaman pala (Myristica Fragrans Hout) merupakan salah satu contoh tanaman tahunan, pala sudah terkenal sebagai tanaman rempah sejak abad ke 18. Sampai saat ini Indonesia merupakan produsen pala terbesar dunia (70 – 75 %). Negara produsen lainnya adalah grenada sebesar 20 – 25 %, kemudian selebihnya india, srilanka, dan Malaysia.

Umumnya buah pala telah dapat dipanen setelah cukup tua, umur buah ± 6 bulan sejak dari bunga. Tanda-tanda buah pala yang sudah cukup tua adalah jika sebagian buah pala dari suatu pohon sudah merekah. Baca selengkapnya--->>

Cengkeh
Tanaman cengkeh (Syzigium aromaticum) merupakan salah satu contoh tanaman tahunan, dikenal sebagai tanaman rempah yang digunakan sebagai obat tradisional. Cengkeh termasuk salah satu penghasil minyak atsiri yang biasa diguakan sebagai bahan baku industri farmasi maupun industri makanan, sedangkan penggunaan yang terbanyak sebagai bahan baku rokok.

Cengkih dapat mulai dipanen mulai umur tanaman 4,5 - 6,5 tahun, untuk memperoleh mutu yang baik bunga cengkih dipetik saat matang petik, yaitu saat kepala bunga kelihatan sudah penuh tetapi belum membuka. Baca selengkapnya--->>

Durian
Durian merupakan salah satu contoh tanaman tahunan, Waktu panen berbeda tergantung jenis varietas. Jenis monthong sekitar 125 - 135 hari setelah bunga mekar, jenis chanee sekitar 110 - 116 hari setelah bunga mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar.

Waktu petik berdasar tanda-tanda fisik, misal ujung duri coklat tua, garis-garis di antara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokkan, ruas-ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul. Baca selengkapnya--->>

Itu dia beberapa contoh tanaman tahunan, sebenarnya masih banyak lagi tanaman-tanaman tahunan lainnya silahkan teman-teman mencarinya sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya pada kotak komentar yang telah tersedia.

No comments:

Post a Comment